Penasaran Perbedaan Hardisk SSD dan HDD? Ini Jawabannya

Perbedaan Hardisk SSD dan HDD – Harddisk adalah media penyimpanan yang umum digunakan untuk komputer / laptop.  Media penyimpanan ini selain berfungsi untuk menyimpan data, juga bertuga untuk menyimpan file program yang menjadi OS sebuah perangkat.

Tingkat kepentingan hardisk untuk komputer tidak bisa dielakkan yang membuat banyak sekali produsen berlomba lomba menciptakan sebuah inovasi yang bisa membuat sebuah hardisk bisa berjalan dengan baik dan tidak berat.

Salah satu inovasi yang telah berkembang adalah harddisk SSD atau solid state drive. Berbeda dengan HDD yang menggunakanm cakram magnetis didalamnya. SSD ini sudah menggunakan teknologi non-volatile memory untuk penimpanannya. Selain itu apa kira kira yang membuat SSD dan HDD begitu berbeda?

Perbedaan Hardisk SSD dan HDD

Perbedaan Hardisk SSD dan HDD

Perbedaan hardisk SSD dan HDD terdapat pada beberapa faktor seperti di bawah ini:

  1. Harga

Harga sebuah hardisk SSD memang lebih mahal jika dibandingkan dengan hardisk HDD. Perbandingannya sendiri berkisar hampir 5 kali lipat lebih mahal untuk SSD. Meski jumlah atau besaran media penyimpanan tidak sebesar HDD, sebuah hardisk SSD dibanderol lebih mahal.

Baca Juga: Khusus Jomblo! Ini Dia Aplikasi Android Untuk Mencari Jodoh

Sebagai contoh, untuk SSD murah merk Kingston dijual seharga 600 ribuan dengan kapasitas penyimpanan sebesar 120 GB. Berbeda untuk jenis HDD, ketika kita mengeluarkan uang dengan nominal yang sama maka paling tidak kita mendapat hardisk dengan besaran kapasitas 500 GB.

  1. Bentuk dan Berat

Dimensi sebuah hardisk HDD cukup besar dan berat jika dibandingkan dengan hardisk SSD. Hal ini karena pada HDD terdapat beberapa material yang mempengaruhi misalnya platter, head dan lain sebagainya yang tentu akan mempengaruhi berat dan ukurannya.

Bukan itu saja, namun juga karena teknologi hardisk HDD ini bergantung pada putaran piringan cakramnya, maka akan membatasi dimensi serta seberapa kecil HDD dapat diproduksi.

Disisi lain, SSD yang tidak menggunakan material material seperti HDD akan memiliki dimensi dan berat yang lebih kecil. Ukuran SSD juga semakin kecil dengan majunya teknologi yang berkembang sekarang.

  1. Kecepatan

Dari segi kecepatan, SSD dan HDD memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dan inilah yang menjadi daya tarik bagi para pengguna hardisk SSD. Sebuah hardisk SSD mampu membaca dan menulis file 8 kali lebih cepat dari pada hardisk HDD biasanya. Sebuah komputer atau laptop akan membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk menyelesaikan proses booting.

Perbedaan Hardisk SSD dan HDD menurut Ryli

Artikel Menarik: Ingin Smartphone Android Kamu Awet? Nah Berikut Tips dan Tricknya

Salah satu hal yang membuat SSD bisa begitu cepat adalah tidak digunakannya piringan sebagai media baca. Sehingga SSD dapat langsung membaca file dari media penyimpanan, berbeda dengan HDD.

  1. Efek Bawaan

Dari proses kecepatan, akan membawa beberapa dampak atau efek bawaan pada tingkat performa hardisk baik SSD maupun HDD. Jika sebuah HDD yang membutuhkan piringan untuk berputar dan membaca sebuah file. Maka efek yang ditimbulkan adalah panas yang berlebihan, kemudian konsumsi daya listrik yang cukup tinggi, dan suara akibat gesekat ketika piringan berputar.

Kunjungi Percetakan Palembang

Berbeda dengan SSD yang tidak panas dan noise karena memang tidak ada motor yang bergerak. Juga membutuhkan daya listrik yang kecil karena perangkat tidak memiliki komponen penggerak didalamnya.

  1. Fragmentasi

Hal terakhir yang membedakan HDD dan SSD adalah fragmentasi. Fragmentasi perlu dilakukan secara berkala untuk menata file file yang tersebar disebuah hardisk HDD. Sebuah HDD yang jarang di defrag tentu akan menurun kinerjanya dan menjadi lebih lambat.

Berbeda dengan SSD yang tidak memerlukan defrag karena didalam SSD sudah disematkan chip flash yang secara otomatis menata data kamu ketika disimpan.


Gimana gan? udah paham bukan Perbedaan Hardisk SSD dan HDD? semoga artikel kami membantu ya gan. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *