Konsep Kerja Sensor Proximity

Sensor proximity adalah sebuah sensor yang terdapat pada bagian atas depan handphone android kamu. Sensor yang berbentuk dua bulatan kecil ini sering disalah artikan dengan kamera depan. Padahal fungsinya jelas sudah berbeda. Dua bulatan kecil unik ini berguna untuk semua smartphone atau smartscreen yang mengusung layar sentuh. Fungsi utamanya diperkenalkan sebagai sensor yang membantu layar sentuh kamu untuk secara otomatis mematikan layar atau menghidupkan kembali layarnya.

Fitur ini sangat berguna untuk layar sentuh karena setiap layar sentuh pasti sangat sensitif dengan segala bentuk sentuhan, yang membuat setiap sentuhan sebagi sebuah perintah. Bayangkan jika tidak ada sensor ajaib ini, smartphone kamu mungkin akan bergerak gerak sendiri ketika kamu melakukan panggilan telepon, karena layar sentuh kamu tertekan oleh pipi atau telinga.

Konsep Cara Kerja Sensor Proximity

Konsep dari cara kerja proximity sensor ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan infra merah. Yakni ketika ada sebuah benda yang menghalangi proximity sensor dengan jarak tertentu. Maka sensor proximity ini akan secara otomatis aktif. Tidak hanya sebagai “pelindung” ketika pengguna melakukan panggilan, namun juga perkembangan proximity sensor sudah banyak berkembang guna menambah daya tarik sebuah smart screen.

Proximity sensor in smartphone

Beberapa perkembangan proximity sensor pada masa ini adalah munculnya berbagai fitur seperti swap screen, atau meggunakan gerakan tangan untuk menjalankan operasi pada perangkat digital. Beberapa jenis handphone sudah menggunakan fitur ini yang diprakarsai oleh Samsung. Dan tidak terjadi pada smartphone saja, namun juga pada smart tv yang memberikan kamu previlege untuk mengganti channel hanya dengan sapuan tangan.

Baca Juga: Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass

Namun sejalan dengan fungsinya, beberapa masalah pun kerap terjadi pada fitur proximity sensor ini. Beberapa fungsi yang seharusnya terjadi malah error ketika digunakan. Misalnya tidak berfungsinya swipe to off atau sebaliknya sehingga layar handphone tidak bisa dimatikan. Atau malah sensor proximity kelewat responsive yang membuat handphone malah mudah mati menyala. Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, berikut adalah tutorial mudah untuk cara mengaktifkan proximity sensor.

Cara mengaktifkan proximity sensor:

Sebenarnya tanpa diaktifkan fungsi ini sudah ototmatis “berjalan” di android kamu. Namun ketika kamu ingin mengaktifkannya kembali setelah dimatikan. Maka yang perlu dilakukan adalah menjalankan apk yang kamu gunakan untuk mematikan fitur tersebut. Misalnya kamu menggunakan aplikasi Xpose Framework maka kamu hanya perlu merubah tanda “off” menjadi “on” pada aplikasi tersebut.

Artikel Menarik: Cara Mencegah Virus Wannacry Ransomware

Cara mematikan proximity sensor:

sensor proximity

Untuk menonaktifkan proximity sensor ini kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu Xpose Frame work. Aplikasi extensi ini berguna untuk mematikan proximity sensor kamu yang mungkin sedang error. Namun jika aplikasi ini belum berhasil memperbaikinya / menonaktifkannya. Maka kamu membutuhkan aplikasi lain bernama Proximity Screen Off Pro. Meski bisa dibilang aplikasi ini lebih kuat dibandingkan Xpose Framework namun untuk menjalankannya kamu membutuhkan akses root. Atau android kamu butuh di root / jailbreak untuk menginstallnya.

Hanya saja, kedua cara tersebut belum tentu bisa diaplikasikan pada tv smart screen yang mengalami kerusakan pada bagian proximity sensornya. Mengingat, beberapa sistem tv smart screen memiliki OS yang berbeda beda meskipun menggunakan android sebagai dapur pacunya. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu sistem operasinya, baru dapat menentukan aplikasi mana yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *