Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass

Sekarang ini android tidak hanya harus memiliki fitur yang menarik, namun juga dari segi kekuatan. Durabilitas sebuah handphone android dinilai dari kekuatan menahan goncangan. Selain itu juga kekuatan ketika menghadapi benturan. Tidak hanya dari sisi kekuatan chase yang melapisi handphone tersebut. Namun juga kekuatan layar yang harusnya menjadi inti dari sebuah handphone android. Di dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass pada smartphone android.

Kekuatan layar sejak pertama kali produk android dirilis selalu menjadi tujuan utama. Karena kebanyakan perangkat android merupakan jenis handphone dengan layar sentuh. Y

ang tentunya layar LCD menjadi modal utama agar smartphone tersebut bisa beroprasi dengan baik. Beberapa jenis kaca menjadi bahan utama pembuatan layar LCD. Dari beberapa jenis itu juga memililiki kekuatan yang berbeda-beda.

Baca Artikel ini: Cara Mencegah Virus Wannacry Ransomware

Dua diantara jenis kaca yang menjadi bahan pembuatan layar LCD adalah Gorilla Glass dan Tempered Glass. Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass tidak hanya berasal dari bahan pembuatnya.

Namun juga kekuatan dan anti gore yang dimilikinya. Berikut ini adalah perbedaan Gorilla Glass dan Tempered Glass, serta kekuatan yang dimilikinya.

Gorilla Glass:

Perbandingan Gorilla glass dan tempered glass

Gorilla Glass adalah kaca gorilla, namun itu hanya arti secara harfiahnya saja. Pemilihan kata gorilla karena binatang ini dianggap merepresentasikan kekuatan yang dimiliki oleh bahan ini. Goirilla Glass didaftarkan paten oleh pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Bahan pembuat Gorilla Glass ini adalah kaca alkali dan aluminosilikat.

Kaca rekayasa ini dibuat dengan menggabungkan konsep ketipisan, keringanan serta kekuatannya terhadap kerusakan. Kaca Gorilla Glass banyak digunakan produk elektronik seperti telepon genggam, tv, laptop, dan lain sebagainya. Gorilla Glass telah dipakai sekitar 20 persen perangkat digital di seluruh dunia dengan jumlah 200 juta unit.

Tempered Glass:

Perbandingan Gorilla glass dan tempered glass terbaru

Tempered Glass adalah kaca yang dibuat dari kaca float berkualitas tinggi. Dibuat dengan melalui proses pemanasan thermal. Bahan tempered glass akan dipanaskan sampai dengan titik lunaknya kemudian didinginkan secara cepat. Proses ini akan membuat Tempered Glass mempunyai kekuatan lebih.

Tempered Glass memiliki kekuatan hingga 4 sampai 5 kali pada benturan, tekanan, maupun perubahan suhu ekstrim jika dibandingkan dengan kaca biasa. Tempered Glass ini juga diklaim memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Dimana kaca pengaman ketika pecah akan berubah menjadi pecahan kecil yang tidak tajam. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya cedera serius pada penggunanya.

Baca Juga: EVERCOSS Sering Dicurangi Oknum yang Tidak Bertanggung Jawab

Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass

Jika dibandingkan antara keduanya, maka bisa dibilang keduanya saling mengisi satu sama lain. Gorilla Glass memiliki cost pembuatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Tempered Glass. Hal ini karena Tempered Glass memiliki harga yang berbeda beda tergantung jenis ketebalan yang dia miliki. Sedangkan Gorilla Glass cost produksinya sudah include dengan harga handphone.

Sedangkan untuk durabilitas, Gorilla Glass di claim memiliki kekuatan yang lebih baik jika dibandingkan tempered glass. Gorilla Glass juga lebih portabel dan kamu tidak perlu menambahkan kaca pelindung lagi untuk perangkat kamu.

Berbeda dengan Tempered glass yagn harus menambahkan lapisan pelindung. Namun, kekurangan Gorilla Glass adalah jika rusak / pecah tidak dapat diganti. Berbeda dengan tempered glass yang bisa diganti ganti ketika usianya sudah tua.

Demikianlah Artikel Mengenai Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass semoga menambah wawasan untuk kalian.

One Reply to “Perbandingan Gorilla Glass dan Tempered Glass”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *