5 Game Anak Yang Edukatif

Game Anak – Di jaman digital ini, orangtua kerap resah terhadap perkembangan teknologi yang cukup pesat ini. Memang banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan, namun dampak buruk pun juga siap menerpa bahkan hingga ke anak anak usia dini. Smartphone menjadi salah satu alat penting yang dimiliki oleh setiap orang dewasa. Tidak heran jika anak usia dini penasaran dan ingin mengerti cara mengoperasikannya. Beberapa konten, aplikasi dan game pada smartphone memang bukan diperuntukkan oleh anak kecil. Hal ini bahkan bisa menghambat pertumbuhan si kecil.

Namun, jangan khawatir, terdapat beberapa aplikasi game anak yang dapat membantu proses belajar anak. Ingin tahu? Yuk simak sampai akhir!

5 Game Anak Yang Edukatif

  1. Kids Preschool Puzzles

game anak puzzel

Game ini diperuntukkan bagi anak Anda yang masih berusia 2 hingga 4 tahun, dimana belum menempuh pendidikan apapun. Disaat Anda harus sibuk dengan gadget, Anda bisa memberikan gadget dengan game ini untuk buah hati. Tidak perlu khawatir, game ini tidak akan memberi pengaruh jelek pada anak Anda, bahkan dapat menjadi fasilitator pembelajaran di usia dini. Kids Preschool Puzzles ini merupakan game tentang puzzle, dimana anak Anda akan disuguhkan oleh sejumlah gambar seperti hewan, kendaraan, buah, dan benda benda lainnya. Setelah itu, gambar akan diacak dan anak Anda diminta untuk menyatukannya kembali seperti semula menjadi sebuah gambar lagi. Game ini cocok untuk melatih afeksi visul anak Anda.

Baca Juga: 5 Kamera Mirrorless Ngga Bikin Kantong Bolong

  1. Numbers & Addition! Math Games

Numbers & Addition! Math game anak

Pernah bingung cara mengajari berhitung anak? Game anak satu ini bisa menjadi salah satu solusi yang dapat membantu Anda memfasilitasi proses belajar anak. Sesuai dengan namanya, game ini memberikan berbagai mode permainan angka seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pengurutan angka dan lain sebagainya. Sehingga game ini cocok untuk anak Anda sebagai mempersiapan menuju pendidikan anak usia dini hingga sekolah dasar yakni umur 3-6 tahun. Selain pembelajaran yang dibungkung dengan game secara menyenangkan, Numbers & Addition! Math Games didesain dengan sangat lucu sehingga dapat memacu keinginan belajar anak Anda.

  1. Kids Educational Game

game anak yang edukasi tinggi

Sedikit berbeda dengan permainan sebelumnya, Kids Educational Game memiliki konsep pembelajaran yang cukup unik. Pada game ini, anak dapat memilih banyak mode permainan dan pembelajaran yang diinginkan. Mode permainan yang dimiliki yakni permainan memori, angka, warna, notasi piano dan masih banyak lagi. Game ini cukup efektif untuk melatih otak kanan anak Anda.

  1. Virtual Pet, My Boo

Virtual Pet, My Boo bagus untuk game anak

Tidak semua keluarga setuju dengan mengadopsi binatang untuk dipelihara. Alasannya banyak, seperti mudah bau, takut mati, menjijikan dan lain sebagianya. Namun, bagi anak Anda yang tertarik dengan binatang atau bahkan menginginkan binatang untuk dipelihara, aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan. Tanpa harus takut mengalami banyak resiko diatas, anak Anda tetap bisa merasakan memelihara binatang peliharaan favoritnya. Virtual Pet, My Boo akan melatih tanggungjawab anak Anda terhadap binatang peliharaan virtualnya dengan memberi makan dan merawatnya.

Baca Juga: 6 Jenis Speaker JBL yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Aniworld

Aniworld

Tidak jauh berbeda dengan permainan sebelumnya, game ini juga banyak mengedukasi mengenai binatang. Namun bedanya, Aniworld akan mengajak anak Anda berpetualang dan mengenal banyak ragam hewan dan spesiesnya. Aplikasi ini dibalut dengan gameplay dan grafik yang cukup menarik dan lucu sehingga memacu anak untuk senang belajar. Selain itu, anak anak juga dapat belajar tentang makanan makanan dari tiap hewan yang ada di game ini. Database Aniworld sendiri memiliki 36 spesies hewan yang berbeda-beda, rata-rata merupakan hewan ternak.

Beberapa game diatas dapat Anda berikan kepada si kecil dengan aman. Namun, Anda harus tetap mengawasinya dengan baik agar tidak menjadi kecanduan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *